Pandangan Orientasi Nilai

 Pentingnya Nilai Budaya Untuk Individu Modern 


Oleh     Windha Nurhidayati

    Nim     183104101176


Ulasan ini di buat guna memenuhi tugas Ilmu Budaya Dasar

Prodi Psikologi Universitas proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta/Amin Nurohmah S.Pd., M.Sc.




           

    Sebagai makhluk yang paling sempurna, manusia sudah diberikan akal, sehingga dengan akalnya manusia dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup manusia tidak pernah berhenti, hal ini menuntut manusia untuk terus berfikir bagaimana memenuhi kebutuhan hidupnya. Tujuan memenuhi kebutuhan hidup inilah akhirnya melahirkan berbagai cipta dan karya manusia, atau apa yang kita kenal kebudayaan, Nilai budaya adalah seperangkat nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkup organisasi, atau lingkungan masyarakat, yang telah mengakar pada kebiasaan, kepercayaan (believe), dan simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang bisa dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan perilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi. nilai budaya tidak terlepas daripada norma dan cara berperilaku mengkondisikan sikap dan reaksi terhadap peristiwa dan berbagai contoh fenomena sosial dalam konteks budaya.

            Berbagai norma dan tren yang muncul terus-menerus dari kelompok yang pada gilirannya menciptakan seperangkat keyakinan dan persepsi pemahaman bersama. Seperangkat nilai-nilai dan kepercayaan umum yang dipelajari secara individu melalui pendidikan dan sosialisasi. Mengingat fungsinya memahami nilai budaya yaitu

  1. Sebagai salah satu pedoman bagi perilaku setiap individu di masyarakat
  2. Sebagai faktor pendorong munculnya pola berpikir setiap individu
  3. Sebagai salah satu sumber tatanan cara berperilaku yang cukup penting, misalnya hukum adat dan kebiasaan, aturan mengenai sopan santun, dan lain sebagainya

            Perubahan zaman bukan alasan untuk mengubah kebudayaan. Jika dilihat dari segi waktu fungsi orientasi dalam kebudayaan diharapkan kita mampu menyisihkan sebagian dari keperluan hidupnya untuk digunakan apabila sewaktu-waktu ia mengalami masa yang sulit. Atau future. Sehingga individu yang seperti itu biasanya hidupnya wajar dan hemat. Sebagai contoh lagi, mengucapkan permisi ketika berjalan di depan orang lain. Sikap itu adalah ciri nilai budaya di Jawa. Mengingat zaman semakin lama memang semakin modern dan canggih. Justru hal itu dapat menjadi sebuah pemicu agar kita terus mengingat nilai-nilai budaya yang memang sudah ada sejak dahulu, sehingga kita tidak akan melupakan nilai nilai yang ada didalamnya. Salah satu hal yang paling penting dalam bangsa ini adalah para generasi pemuda dan pemudi yang harus kita perhatikan dan kita bina dengan baik,karena merekalah yang akan meneruskan cita-cita dan perjuangan bangsa ini menjadi lebih baik dan berwibawa kedepannya.

  Jika dilihat dari segi hubungan dengan manusia, kebudayaan sejak awal mengajarkan kepada warganya agar senantiasa hidup gotong-royong dan agar mereka selalu “duduk sama rendah berdiri sama tinggi”. Kebudayaan-kebudayaan dengan variasi orientasi nilai budaya seperti ini biasanya mementingkan konsensus untuk kerjasama. Namun biasanya dalam kebudayaan seperti itu ada juga orang-orang yang selain mementingkan gotong-royong dengan sesamanya . Dalam kebudayaan semacam ini warganya biasanya sejak dini sudah diajarkan agar bersikap mandiri, karena keberhasilannya dalam hidup harus diperoleh dengan upayanya sendiri tanpa campur tangan orang lain individuality. (Supsiloani : 2008)

Berdasarkan teori diatas dapat menjelaskan bahwa akuntabilitas yang dipertanggungjawabkan oleh manusia yang sejak lahir telah memegang teguh dan berpedoman pada nilai-nilai budaya daerah diharapkan dapat menjadikan akuntabilitas sebagai sebuah kewajiban yang harus direalisasikan sesuai harapan masyarakat.

 

Refrensi : https://dosensosiologi.com/nilai-budaya/ (Diakses pada 07/10/2020)

            https://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/manusia-dan-kebudayaan.pdf (Diakses pada 07/10/2020)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memang Aku Yang Tak Pernah Mendengarkan

Pengaruh Perkembangan Teknologi Semakin Canggih