Pengaruh Perkembangan Teknologi Semakin Canggih

Pengaruh Pekembangan Teknologi Terhadap Pranata Sosial

 

Oleh     Windha Nurhidayati

Nim     183104101176

           


            Teknologi telah ada sejak dulu seiring dengan berlangsungnya kehidupan manusia. Dengan demikian, perkembangan teknologi juga berbanding lurus dengan perkembangan serta tingkat kebutuhan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.

            Semakin modern kehidupan manusia, maka semakin modern pula teknologi. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk teknologi yang beberapa dekade terakhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah teknologi informasi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan manusia terhadap komunikasi karena hakikatnya perilaku manusia adalah untuk berkomunikasi. Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan

sehari- hari. (M Maryono). 

            Sesuai dengan tuturan pak maryono diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Penggunaan teknologi memiliki dampak bagi setiap individu, contohnya dalam pranata sosial dunia pendidikan. Saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir masyarakat, terutama di kalangan remaja. Kalau dulu kita lihat para siswa bersekolah dengan hanya membawa buku - buku pelajaran ataupun alat tulis, kini dapat kita saksikan para siswa berangkat sekolah dengan HP sebagai bawaan wajib mereka. Entah sebetulnya mereka benar - benar membutuhkan HP tersebut sebagai alat komunikasi atau tidak, yang jelas bagi remaja sekarang, HP merupakan sarana gaul yang mutlak mereka miliki.

            Disisi lain masih ada contoh penggunaan teknologi pada dunia pertanian, dahulu, para petani di lingkungan tempat tinggal saya masih menggunakan bantuan tenaga hewan dalam mengerjakan/- membajak sawahnya dan juga dibantu oleh tetangga dalam menanam padi atau tanaman lainnya. Namun saat ini, dengan berkembangnya teknologi, para petani telah menggunakan traktor dalam membajak sawah dan juga sudah menggunakan mesin perontok padi untuk mengolah hasil panenannya.

            Hampir setiap teknologi mempunyai dua sisi dampak, positif dan negatif. Demikian pula halnya dengan perkembangan teknologi komunikasi. Berdampak positif karena teknologi komunikasi dapat mendorong lahirnya berbagai inovasi baru yang mempermudah hidup manusia. Berdampak negatif karena teknologi komunikasi memberikan dampak pada kehidupan sosial, dimana normanorma yang berlaku seringkali diabaikan serta seringnya terjadi kejahatan teknologi yang merugikan masyarakat. Bahkan dampak negatif yang lebih jauh, teknologi komunikasi dapat mendorong terjadinya kerusakan moral dan akhlak.

            Masyarakat menjadi kurang peka terhadap kehidupan sosial karena kehadiran teknologi komunikasi telah mengurangi intensitas tatap muka yang terjadi dalam organisasi ataupun sosial masyarakat.

 

Ulasan ini di buat guna memenuhi tugas Ilmu Budaya Dasar

Prodi Psikologi Universitas proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta/Amin Nurohmah S.Pd., M.Sc.

Refrensi : https://media.neliti.com/media/publications/227634-teknologi-dan-kehidupan-masyarakat-7686df94.pdf (Diakses pada 07/10/1010)

                        https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/viewFile/2616/2171 (Diakses pada 07/10/2020) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memang Aku Yang Tak Pernah Mendengarkan

Pandangan Orientasi Nilai